Obrolan Dua Setan

Posted: December 6, 2014 in Obrolan Warung Kopi

Pada suatu pagi yg cerah “seorang” Setan, sebut saja namanya “Jadul” dengan langkah tergesa2 lewat di depan rumah “seorang” Setan lainnya, sebut saja namanya “Medsos”. Saat itu setan Medsos sedang duduk santai ongkang2 kaki di teras rumahnya, sambil asyik bermain smartphone terbaru, sambil sesekali menyruput kopi panas di hadapannya. Begitu melihat setan Jadul, si Medsos menyapanya, berikut obrolan mereka :

Medsos (M) : “Hai mas bro…!! Mau kemana sih kok kayaknya buru2 amat, mampir dulu dong…”
Jadul (J) : “Waduh sorry bro, udah siang nih aku mesti cepet2 kerja, ngejar target…, lain kali deh..”
M : “Wee..sebentar dong, ngobrol2 dulu kenapa, sebentar aja..”
J : “Walah…kemarin aku udah kena teguran bos, gara2 hasil kerjaku menurun gak mencapai target. Eh, kamu kok nyantai sih bro, emang gak kerja hari ini?”
M : “Lho..ini aku lagi kerja, jam segini aja aku udah melebihi targetku, tinggal cari bonus…lumayan bisa buat liburan akhir tahun”
J : “Lha kok bisa bro, aku aja kerja sampai malam susah banget dapat target, situnya sambil “jlegrang” nyruput kopi kok malah melebihi target…”
M : “Itulah mas bro, sini duduk dulu, tak kasih tahu caranya. Lha kamu itu sesuai namamu, kerja kok pake cara kuno, gak memanfaatkan teknologi dan mengikuti jaman. Sekarang bukan jamannya kita kerja keluar masuk pasar, ndatangi ibu2 yang sedang kumpul cari kutu atau ke kantor2…”
J : “Lah…gimana caranya mas bro? Mbok aku dibagi triknya..”
M : “Ini lho bro cukup pake ini..” Si Medsos menunjukkan tablet canggihnya ke si Jadul “Aku cukup bikin akun di Facebook, Twitter, WA atau BB, juga tiap hari memonitor berita2 online. Kalau perlu aku beli folower sebanyak2nya, trus sebar berita palsu dan kebencian lewat fitnah2 dan aib orang…beres dah…”
J : “Oh jelasnya gimana bro….?”
M : “Ya…gampang, kalau berita aib dan fitnah, kita cukup posting berita negatif terhadap seseorang tokoh, pasti deh banyak yg copy paste dan nambah2i bumbu2nya, malah lebih dahsyat dari berita awalnya… “
J : “Weeee…masak tho??”
M : “Situnya tuh emang jadul banget ya.. Sekarang tiap orang tuh pegangannya HP atau tablet, jadi gampang banget memfitnah seseorang, apalagi kalau dasarnya sudah tidak suka, gak peduli mereka itu ustadz, dosen, pengusaha, ibu rumah tangga berjilbab atau PNS, apalagi pengangguran…dengan menekan dua tombol, jutaan fitnah sudah bisa tersebar….kayak sistem MLM itu lho bro…”
J : “Whaaaat…!!”
M : “Jangan what whet tok…cepetan beli ginian, nanti tak ajari caranya. Selain fitnah, yg paling gampang itu nggoda yg suka pamer…tanpa digoda aja mereka sudah lomba pamer, ada yg pamer mobil, jabatan, kepinterannya, keshalehannya, pamer anak sampai panci baru di dapurnya…. Wis to percaya sama aku..”
J : “Wah…makanya sampeyan nyantai2 aja di rumah, kok kemarin dapat penghargaan Setan Idol 2014..”
M : “Itulah bro…sebagai setan kita harus kerja efektif, efisien dan tidak mengambur2kan anggaran, semuanya serba online…kayak visi misi presiden baru itu lho…”
J : “Yo wis bro aku tak beli gituan dulu…nanti aku ke sini lagi ya, ajari cara buat akun dan cara kerjanya…”
M : “Ya buruan…eh aku nitip pulsa ya…etung2 ongkos training…hehe…”

Si Jadul sudah keburu cabut dari teras rumah si Medsos, obrolan merekapun berakhir tanpa saling mengucapkan salam…

Leave a comment